030. Membuat formula dalam tabel word 2003

Jika anda menggunakan tabel dalam word, anda bisa menggunakan formula sederhana (khusus digunakan untuk data berupa angka). Anda bisa melakukan penjumlahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian dari nilai-nilai yang ada dalam sel tabel.

Prosedur membuat formula dalam tabel
1. Klik sel untuk mempatkan formula (saya anggap anda sudah punya tabel, lihat contoh tabel di bawah ini)
2. kemudian pada Menubar pilih Table => Formula…
(Catatan: formula hanya bisa melakukan proses penghitungan jika data dalam sel berupa angka)

3. Pada kotak dialog formula masukkan (ketik) rumus ; =SUM(LEFT), klik OK
artinya jumlahkan semua sel yang ada desebelah kiri
Lakukan langkah 3 untuk sel bagian samping yang lain


4. Klik salahsatu kotak di bagian bawah. Pada kotak dialog formula masukkan (ketik) rumus ; =SUM(ABOVE), klik OK
artinya jumlahkan semua sel yang ada diatas.
Lakukan langkah 4 untuk sel bagian bawah yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: